Tahukah Kamu?

Apa Arti Wali Yang Sebenarnya ?

Belakangan kata wali menjadi perdebatan antara pendukung Ahok dan yang anti Ahok sebagai wali provinsi DKI. Begini kata pendukung Ahok:

Saya sendiri kemudian mencek sejumlah Al Quran yang ada di rumah saya. Ternyata baik yang diterbitkan oleh PT Syaamil Cipta Media (2006), Sygma (2007), maupun versi terjemahan HB Jassin (1982) menterjemahkan kata awliya sebagai: teman setia atau sahabat/pelindung (HB Jassin).
Bahkan ketika saya membrowse internet, saya menemukan bahwa terjemahan Al Quran dalam bahasa Inggris versi Yusuf Ali dan Muhammad Asad juga menterjemahkan ‘awliya’ sebagai ‘friends and protector’ (Yusuf Ali) dan ‘allies’ (Asad).
Jadi sekarang terungkap sudah, bahwa di Indonesia tidak bisa kita mengatakan bahwa Al Quran sudah sangat jelas melarang memilih pemimpin non-muslim. Pengharaman memilih pemimpin non-muslim adalah salah satu versi penafsiran saja. Tapi kalau menggunakan terjemahan resmi Al Quran di negeri ini, larangan itu tidak ada. 

 Dikutip dari madinaonline

 Komentar saya: Mas, terjemahan yang ente baca itu bukan Al Quran. Yang namanya Al Quran ya yang berbahasa Arab. Terjemahan Al Quran versi manapun tidak bisa dijadikan tolak ukur mas. Untuk mengetahui arti kata wali yang benar ya harus merujuk ke kamus bahasa.

Saya tau ente tidak suka yang berbau ke Arab-araban. Makanya saya pakai kamus bahasa Indonesia saja untuk membantah pikiran ente. Nih lihat arti kata wali menurut KBBI:

 1wa · li n 1 orang yg * Menurut hukum (agama, adat) diserahi Kewajiban mengurus anak yatim Serta hartanya, SEBELUM Anak ITU dewasa: penjualan tanah ITU TIDAK DAPAT disahkan krn pemiliknya Belum dewasa Dan – nya TIDAK menyetujuinya; 2 orang yg Menjadi Penjamin dl pengurusan Dan pengasuhan Anak: yg Menjadi – Anak tsb Adalah pamannya krn Anak ITU Tinggal Bersama pamannya; 3 Pengasuh pengantin Perempuan pd Waktu Menikah (Yaitu yg melakukan Janji nikah dng pengantin laki-laki): krn ayahnya has Meninggal, Maka kakaknya yg Menjadi – untuk review menikahkan Anak Perempuan ITU; 4 orang saleh (suci); penyebar agama: – sanga; 5 kepala Pemerintah dsb: – negeri;

– Allah sahabat Allah; orang yg suci Dan keramat: Sunan Kalijaga, – Allah yg Terkenal dl Sejarah Tanah Jawa; – Hakim Isl Pejabat Urusan Agama yg bertindak sbg wali pengantin Perempuan dl pernikahan JIKA pengantin Perempuan TIDAK mempunyai wali; – Kelas Dik guru yg diserahi telkom membina murid Satu dl Kelas; – Kota kepala kota madya; kepala administratif Wilayah kota; – Mujbir Isl wali (Orang Tua, Saudara laki-laki, dsb) yg berhak menikahkan Seseorang yg Masih gadis Tanpa memerlukan Izin gadis tsb; – Murid orang yg menjamin Dan bertanggung jawab thd Seorang Anak di sekolahnya, ibu spt, bapak, Saudara; – Gatra kepala gatra dr gatra Bagian (PADA zaman penjajahan Belanda Dan zaman Republik Indonesia Serikat); – Negeri 1 negeri kepala; 2 Gubernur Jenderal; – Rumah tungganai;
me · wa · li · kan v Menjadi wali (wakil): ayahnya yg ~ putrinya dl akad nikah ITU;
per · wa · li · an n 1 Segala sesuatu yg Berhubungan dng wali; 2 Pemeliharaan Dan Pengawasan anak yatim Dan hartanya; 3 Pembimbing (negara, daerah adalah, dsb) yg Belum can Berdiri Sendiri);
mem · per · wa · li · kan v 1 menunjuk sbg wali; wali menjadikan; 2 bertindak selaku wali untuk

http: //goo.gl/Gq4kf0

Lihat tuh yang disorot kuning:

Wali kota = kepala (pemimpin) kota,

Wali negeri = Gubernur.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s