Tak Berkategori

Ahli Kitab: Orang Yang Didatangkan Al Kitab

Alasan mengapa umat Islam menolak sebutan ahli kitab bisa ditujukan kepada mereka ialah karena ahli kitab menurut mereka adalah kelompok di luar kalangan nabi Muhammad dan para pengikutnya. Jadi, kata mereka, sebutan ahli kitab hanya untuk orang-orang non Islam seperti Yahudi dan Nasrani.

Tulisan ini akan membuktikan bahwa apa yang mereka yakini itu sebuah kesalah-pahaman.

1. Mengapa Nabi Muhammad ( juga nabi-nabi yang lain) dan para sahabatnya tidak bisa disebut ahli kitab?

Mereka bukan golongan ahli kitab karena mereka adalah orang-orang yang diturunkan al kitab.

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَنْزَلَ عَلَىٰ عَبْدِهِ الْكِتَابَ وَلَمْ يَجْعَلْ لَهُ عِوَجًا ۜ

Segala puji bagi Allah yang telah menurunkan kepada hamba-Nya Al Kitab (Al-Quran) dan Dia tidak mengadakan kebengkokan di dalamnya;

أَفَغَيْرَ اللَّهِ أَبْتَغِي حَكَمًا وَهُوَ الَّذِي أَنْزَلَ إِلَيْكُمُ الْكِتَابَ مُفَصَّلًا ۚ وَالَّذِينَ آتَيْنَاهُمُ الْكِتَابَ يَعْلَمُونَ أَنَّهُ مُنَزَّلٌ مِنْ رَبِّكَ بِالْحَقِّ ۖ فَلَا تَكُونَنَّ مِنَ الْمُمْتَرِينَ

Maka patutkah aku mencari hakim selain daripada Allah, padahal Dialah yang telah menurunkan kitab (Al Quran) kepada kamu sekalian dengan terperinci? Orang-orang yang telah Kami datangkan kitab kepada mereka, mereka mengetahui bahwa Al Quran itu diturunkan dari Tuhanmu dengan sebenarnya. Maka janganlah kamu sekali-kali termasuk orang yang ragu-ragu.

Dua ayat di atas (dan masih banyak lagi) menunjukkan bahwa nabi dan orang-orang yang percaya adalah mereka yang diturunkan (unzila) al kitab. 

Masih pada ayat yang sama, Allah menggunakan kata “datangkan Al kitab” untuk para ahli kitab. Nah, apa perbedaan kata “turunkan al kitab” dengan kata “datangkan al kitab” ? Kata “turunkan Al kitab” artinya: pada masa nabi dan para sahabat awalnya al kitab dalam pengertian harfiah (sebuah lembaran atau buku berisi kumpulan ayat-ayat Allah secara lengkap) maupun majazi tidak ada. Kemudian Allah menurunkannya kepada nabi-Nya sehingga sejak saat itu al kitab ada sedikit demi sedikit sampai akhirnya sempurna di masa akhir hidup nabi.

Kata “datangkan al kitab” mengandung makna bahwa al kitab sudah ada ketika si ahli kitab hidup. Contohnya: di masa kehidupan Waraqah bin Naufal, misalnya, al kitab (maksudnya Taurat dan Injil) sudah ada. Kitab-kitab tersebut pada mulanya diturunkan kepada nabi Allah Musa dan Isa lalu selanjutnya datang dari generasi pertama ke generasi selanjutnya. Generasi nabi Musa dan Isa tidak disebut dengan ahli kitab karena mereka adalah “yang diturunkan al kitab. Adapun generasi-generasi yang tidak hidup di zaman nabi-nabi tersebut atau dengan kata lain tidak mengalami masa penurunan wahyu inilah yang secara umum disebut “yang didatangkan Al kitab” atau “yang diwariskan Al kitab.” Merekalah yang dimaksud ahli kitab.

Ayat yang dengan gamblang menyebut ahli kitab itu adalah “yang didatangkan” atau “yang diberikan” Al kitab yaitu:

لَمْ يَكُنِ الَّذِينَ كَفَرُوا مِنْ أَهْلِ الْكِتَابِ وَالْمُشْرِكِينَ مُنْفَكِّينَ حَتَّىٰ تَأْتِيَهُمُ الْبَيِّنَةُ

رَسُولٌ مِنَ اللَّهِ يَتْلُو صُحُفًا مُطَهَّرَةً

فِيهَا كُتُبٌ قَيِّمَةٌ
وَمَا تَفَرَّقَ الَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ إِلَّا مِنْ بَعْدِ مَا جَاءَتْهُمُ الْبَيِّنَةُ

Orang-orang kafir dari (kalangan) ahli Kitab dan orang-orang musyrik (mengatakan bahwa mereka) tidak akan meninggalkan (agamanya) sebelum datang kepada mereka bukti yang nyata, 
(yaitu) seorang Rasul dari Allah (Muhammad) yang membacakan lembaran-lembaran yang disucikan (Al Quran).
Di dalamnya terdapat (isi) Kitab-kitab yang lurus.
Dan tidaklah berpecah belah orang-orang yang didatangkan Al Kitab (kepada mereka) melainkan sesudah datang kepada mereka bukti yang nyata.
(Surah Al-Bayyinah,98:1-4)

2. Generasi sepeninggal nabi Muhammad juga generasi yang didatangkan Al kitab

Orang-orang yang hidup setelah nabi Muhammad wafat tidak bisa dikatakan orang yang diturunkan Al kitab. Mereka lebih tepat disebut orang yang didatangkan Al kitab sebagaimana mereka yang hidup sepeninggal nabi Musa dan Isa. Jadi apa masalahnya kok tidak setuju mereka digolongkan ahli kitab, lha wong mereka jelas-jelas memiliki ciri-ciri seperti ahli kitab?

Kita yang hidup sekarang adalah generasi yang jauh dari masa kenabian. Di tengah-tengah kita sudah ada Al kitab lengkap 30 juz. Al kitab itu ada yang “didatangkan” dari kerajaan Arab Saudi, ada juga yang “didatangkan” dari DepAg. Lalu apa alasan kita menolak untuk disebut “orang yang didatangkan Al kitab?

3. Tidak semua ahli kitab kafir.

Keberatan mereka juga sehubungan dengan ayat di surah Al bayyinah yang berbunyi:

لَمْ يَكُنِ الَّذِينَ كَفَرُوا مِنْ أَهْلِ الْكِتَابِ وَالْمُشْرِكِينَ مُنْفَكِّينَ حَتَّىٰ تَأْتِيَهُمُ الْبَيِّنَةُ

Orang-orang kafir dari ahli Kitab dan orang-orang musyrik (mengatakan bahwa mereka) tidak akan meninggalkan (agamanya) sebelum datang kepada mereka bukti yang nyata,

“Ahli kitab itu kafir! Mana bisa umat Islam yang muslim (?) disebut ahli kitab,” kata mereka.

Rupanya mereka tidak memahami arti ahli kitab secara utuh. Memang, ahli kitab banyak yang kafir, tapi ada juga yang mukmin seperti Waraqah. Di surah Al bayyinah ini, Allah bicara tentang si ahli kitab yang kafir atau orang kafir dari golongan ahli kitab. 

Tentang ahli kitab yang mukmin Allah berkata seperti ini:

لَيْسُوا سَوَاءً ۗ مِنْ أَهْلِ الْكِتَابِ أُمَّةٌ قَائِمَةٌ يَتْلُونَ آيَاتِ اللَّهِ آنَاءَ اللَّيْلِ وَهُمْ يَسْجُدُونَ

Mereka itu tidak sama. Di antara Ahli Kitab itu ada golongan yang berlaku lurus, mereka membaca ayat-ayat Allah pada beberapa waktu di malam hari, sedang mereka juga bersujud (sembahyang).

 Jadi jelas, meskipun dia seorang mukmin atau muslim, bisa saja dia disebut ahli kitab apabila ia tidak mengalami penurunan Wahyu.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s