Jalan Allah · Tahukah Kamu?

Apa Yang Dimaksud Dengan “Al Quran Kitab Yang Terperinci?”

image

Ada yang bertanya seperti ini:

“Kalau Al Quran berisi segala sesuatu seperti yang Anda katakan, maka mengapa tidak bisa saya temukan di dalamnya resep untuk memasak kari?”

Jawaban atas pertanyaan ini cukup mudah. Alasan mengapa Al Quran tidak mengandung informasi tentang bagaimana memasak kari atau cara mengemudi mobil… dll, diberikan dalam Quran. 
Tujuan dari diturunkannya Al Quran (atau kitab suci apapun) didefinisikan sangat jelas, dan itu adalah sebagai  media untuk keselamatan ummat manusia. Dan karena  cara kita memasak kari atau cara kita mengendarai mobil  tidak mempengaruhi nasib kita di hari penghakiman, maka rincian masalah tersebut tidak termasuk di dalam Alkitab. Oleh karena itu Al Quran adalah semua yang kita butuhkan untuk keselamatan hidup di dunia dan di akhir kelak.

Al Quran, seperti Alkitab yang lain adalah buku panduan bagaimana untuk mendapatkan tiket ke surga dan bagaimana memperbaiki kesalahan kita. Nah Al Quran berisi segala rincian yang kita butuhkan untuk tujuan spesifik ini.

وَمَا مِنْ دَابَّةٍ فِي الْأَرْضِ وَلَا طَائِرٍ يَطِيرُ بِجَنَاحَيْهِ إِلَّا أُمَمٌ أَمْثَالُكُمْ ۚ مَا فَرَّطْنَا فِي الْكِتَابِ مِنْ شَيْءٍ ۚ ثُمَّ إِلَىٰ رَبِّهِمْ يُحْشَرُونَ

Dan tiadalah binatang-binatang yang ada di bumi dan burung-burung yang terbang dengan kedua sayapnya, melainkan umat (juga) seperti kamu. Tiadalah Kami alpakan sesuatupun dalam Al-Kitab, kemudian kepada Tuhanlah mereka dihimpunkan.
Surah Al-An’am,6:38

Untuk memahami arti dari  ayat ini kita harus membaca beberapa ayat lain juga:

Pertama:

Kita diberitahu dalam surah Al Baqarah:38 bahwa tawaran Allah untuk menebus umat manusia dengan mengirimkan ‘Al Huda’ (bimbingan), dan bahwa orang-orang yang menerima bimbingan ini, yang dalam ayat ke-39 disebut ‘Ayat Allah’ akan ditebus. Sementara mereka yang menolaknya akan berakhir di neraka.

قُلْنَا اهْبِطُوا مِنْهَا جَمِيعًا ۖ فَإِمَّا يَأْتِيَنَّكُمْ مِنِّي هُدًى فَمَنْ تَبِعَ هُدَايَ فَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ
وَالَّذِينَ كَفَرُوا وَكَذَّبُوا بِآيَاتِنَا أُولَٰئِكَ أَصْحَابُ النَّارِ ۖ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ

Kami berfirman: Turunlah kamu semuanya dari surga itu! Kemudian jika datang petunjuk-Ku kepadamu, maka barang siapa yang mengikuti petunjuk-Ku, niscaya tidak ada kekhawatiran atas mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati.
Adapun orang-orang yang kafir dan mendustakan ayat-ayat Kami, mereka itu penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya.
Surah Al-Baqarah:38-39

Kedua:

Kita juga membaca bahwa Allah mengirimkan ‘Al Huda’ (bimbingan) melalui Al Quran (27: 2; 31: 3). Bimbingan juga diberikan kepada orang-orang sebelumnya di Kitab Suci sebelumnya (3: 4).

Ketiga:

Dengan konfirmasi di atas tentang fungsi pasti dari Al Quran (dan semua kitab suci lain), yakni menguraikan cara hidup selamat, Allah kemudian menyatakan bahwa Al Quran berisi segala sesuatu. Itu hanya logis untuk memahami kelengkapan Al Quran berkaitan dengan fungsinya, yaitu untuk memberikan bimbingan bagi keselamatan. 

Keempat: 

Ayat yang menyifatkan Al Quran sebagai kitab yang se penuhnya rinci adalah surah Al Anam:114-5

أَفَغَيْرَ اللَّهِ أَبْتَغِي حَكَمًا وَهُوَ الَّذِي أَنْزَلَ إِلَيْكُمُ الْكِتَابَ مُفَصَّلًا ۚ وَالَّذِينَ آتَيْنَاهُمُ الْكِتَابَ يَعْلَمُونَ أَنَّهُ مُنَزَّلٌ مِنْ رَبِّكَ بِالْحَقِّ ۖ فَلَا تَكُونَنَّ مِنَ الْمُمْتَرِينَ

Maka patutkah aku mencari hakim selain daripada Allah, padahal Dialah yang telah menurunkan kitab (Al Quran) kepadamu dengan terperinci? Orang-orang yang telah Kami datangkan kitab kepada mereka, mereka mengetahui bahwa Al Quran itu diturunkan dari Tuhanmu dengan sebenarnya. Maka janganlah kamu sekali-kali termasuk orang yang ragu-ragu.

وَتَمَّتْ كَلِمَتُ رَبِّكَ صِدْقًا وَعَدْلًا ۚ لَا مُبَدِّلَ لِكَلِمَاتِهِ ۚ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ
Telah sempurnalah kalimat Tuhanmu (Al-Quran) sebagai kalimat yang benar dan adil. Tidak ada yang dapat merubah rubah kalimat-kalimat-Nya dan Dialah yang Maha Mendenyar lagi Maha Mengetahui.

Akibatnya, kita memberikan makna yang tepat terhadap atribut Al Quran: sepenuhnya (100%) rinci. Al Quran sepenuhnya rinci sehubungan dengan isi semua hukum Allah yang kita perlu terapkan dan untuk mencapai keselamatan.

sem·pur·na 1 utuh dan lengkap segalanya (tidak bercacat dan bercela): alam yg indah ini adalah ciptaan Tuhan yg sangat –; dng selesainya pekerjaan ini, — sudahlah tugas Anda; 2 lengkap; komplet: ia lahir muda dan belum –; kalimat –; 3 selesai dng sebaik-baiknya; teratur dng sangat baiknya: segala perintah dilakukan dng –; 4 baik sekali; terbaik: saat yg — untuk meminta maaf adalah pd hari Lebaran;
http://goo.gl/Gq4kf0

Posted from WordPress for Android

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s