Jalan Allah · Kata Al Masih · Tahukah Kamu?

Siapa Pembawa Risalah Allah?

image

Di postingan yang lalu sudah dijelaskan ciri ciri pembawa pesan Allah. Sekarang akan dibahas lebih lanjut.

Siapakah dia? Apakah yang sering muncul di tv membahas firman firman Allah bisa disebut pembawa risalah Allah?
Apakah dia yang suka mengisi acara maulid nabi, menceritakan tentang keutamaan keutamaan nabi bisa disebut pembawa risalah Allah?

Sepertinya bukan, mengingat:
1. Meskipun mereka banyak mengutip ayat Al Quran dan hadis nabi, mereka belum memenuhi kriteria. Masih ingat tentang missi rasul Allah:
mengabdilah kepada Allah (saja), dan jauhilah Thaghut itu.
Mereka memang sudah mengajak hadirin untuk beribadah kepada Allah tetapi belum dan tidak pernah menyuruh hadirin untuk ingkar (kafir) kepada thaghut.

2. Sudah bukan rahasia lagi mereka menerima upah segera setelah ceramah. Bahkan untuk kalangan ustadz selebritis sudah mendapatkan uang booking. Apakah ini sesuai dengan essensi ayat di bawah ini?

قُلْ مَا أَسْأَلُكُمْ عَلَيْهِ مِنْ أَجْرٍ إِلَّا مَنْ شَاءَ أَنْ يَتَّخِذَ إِلَىٰ رَبِّهِ سَبِيلًا

Katakanlah: “Aku tidak meminta upah sedikitpun kepada kamu dalam menyampaikan risalah itu, melainkan (mengharapkan kepatuhan) orang-orang yang mau mengambil jalan kepada Tuhan nya.
Al Furqan:57

3. Mereka bukan penggembala yang bertanggung jawab.
Tanggung jawab mereka sebatas memberi ceramah sesuai pesanan. Setelah itu pergi meninggalkan jamah. Mereka tidak mau terjun mengurus gembala gembala.

Kata Al Masih:
12 sedangkan seorang upahan yang bukan gembala, dan yang bukan pemilik domba-domba itu sendiri, ketika melihat serigala datang, meninggalkan domba-domba itu lalu lari, sehingga serigala itu menerkam dan mencerai-beraikan domba-domba itu.
13 Ia lari karena ia seorang upahan dan tidak memperhatikan domba-domba itu.
14 Akulah gembala yang baik dan Aku mengenal domba-domba-Ku dan domba-domba-Ku mengenal Aku

Penyampai Risalah Allah Pewaris Nabi

Lalu seperti apa penyampai risalah Allah itu?

العلماء وراثة الانبياء

Ulama itu pewaris para Nabi. Begitu yang sering kita dengar. Tapi sayangnya banyak yang salah memahami arti ulama sebenarnya.

image

Pengertian ulama telah dijelaskan di surat 35:28

Dan demikian (pula) di antara manusia, binatang-binatang melata dan binatang-binatang ternak ada yang bermacam-macam warnanya (dan jenisnya). Sesungguhnya yang takut kepada Allah di antara hamba-hamba-Nya hanyalah ulama. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Pengampun

Orang orang yang mengetahui ayat ayat Allah, apakah itu yang terdapat di kitab suci ataukah yang bertebaran di alam semesta layak disebut ulama asalkan takut kepada Allah. Bila tidak takut kepada-Nya, ia tergolong ahli kitab, agamawan, ilmuwan atau apalah.

Seorang pembawa risalah pastilah termasuk kelompok ulama. Ia tidak takut kepada penolakan, celaan dan ancaman manusia. Ia hanya takut kepada Allah pemilik risalah.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا مَنْ يَرْتَدَّ مِنْكُمْ عَنْ دِينِهِ فَسَوْفَ يَأْتِي اللَّهُ بِقَوْمٍ يُحِبُّهُمْ وَيُحِبُّونَهُ أَذِلَّةٍ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ أَعِزَّةٍ عَلَى الْكَافِرِينَ يُجَاهِدُونَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَلَا يَخَافُونَ لَوْمَةَ لَائِمٍ ۚ ذَٰلِكَ فَضْلُ اللَّهِ يُؤْتِيهِ مَنْ يَشَاءُ ۚ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

Hai orang-orang yang beriman, barangsiapa di antara kamu yang murtad dari agamanya, maka kelak Allah akan mendatangkan suatu kaum yang Allah mencintai mereka dan merekapun mencintai-Nya, yang bersikap lemah lembut terhadap orang yang mukmin, yang bersikap keras terhadap orang-orang kafir, yang berjihad dijalan Allah, dan yang tidak takut celaan orang yang suka mencela. Itulah karunia Allah, diberikan-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya, dan Allah Maha Luas (pemberian-Nya), lagi Maha Mengetahui.
5:54

Sebagai ulama, maka penyampai risalah Allah mewarisi hal hal prinsipil yang ada pada diri rasul, seperti hijrah dan jihad.
Jadi, tentunya seorang pembawa risalah adalah seorang muhajir dan mujahid.

Dengan kata lain, pembawa risalah Allah adalah pengikut para rasul. Artinya, jika rasul berdiri, dia berdiri. Bila rasul berhenti dia berhenti.
Bila rasul pernah berhijrah? Dia juga akan berhijrah. Bila rasul pernah berperang? Dia juga akan berperang. Dan begitu seterusnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s