Tak Berkategori

Ciri Firqah 4: Percaya, Taat Hukum dan Berwali kepada Thaghut

An Nisaa:51

image

Apakah kamu tidak memperhatikan orang-orang yang diberi bagian dari kitab? Mereka percaya kepada jibt dan thaghut, dan mengatakan kepada orang-orang Kafir bahwa mereka itu lebih benar jalannya dari orang-orang yang beriman.

1. Percaya kepada thaghut.
Ini yang membedakan seseorang sekelompok arang (jamaah, organisasi) itu firqah atau bukan.

Seorang muwahid tidak akan pernah datang ke thaghut untuk minta restu, minta nasehat dan semisalnya. Tapi si firqah sangat menaruh kepercayaan kepada thaghut. Misalnya ketika sebuah ormas Islam akan mengadakan munas, ia akan mengundang si thaghut duduk di kursi terdepan dan mempersilakan si thaghut memberikan wejangan.

Bukan itu saja. Si firqah karena begitu percayanya kepada thaghut,
2. Dia menyerahkan segala urusan hukum  kepada thaghut.

An Nisa:60

أَلَمْ تَرَ إِلَى الَّذِينَ يَزْعُمُونَ أَنَّهُمْ آمَنُوا بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْكَ وَمَا أُنْزِلَ مِنْ قَبْلِكَ يُرِيدُونَ أَنْ يَتَحَاكَمُوا إِلَى الطَّاغُوتِ وَقَدْ أُمِرُوا أَنْ يَكْفُرُوا بِهِ وَيُرِيدُ الشَّيْطَانُ أَنْ يُضِلَّهُمْ ضَلَالًا بَعِيدًا

Tidakkah kamu  perhatikan orang-orang yang mengaku bahwa mereka telah beriman kepada apa yang diturunkan kepadamu dan kepada apa yang diturunkan sebelummu? Tetapi mereka ingin menyerahkan hukum kepada Thaghut, padahal mereka telah diperintahkan mengingkari Thaghut itu. Dan setan bermaksud menyesatkan mereka (dengan) kesesatan yang sejauh-jauhnya.

3. Berwali kepada thaghut.

Az Zumar:3

أَلَا لِلَّهِ الدِّينُ الْخَالِصُ ۚ وَالَّذِينَ اتَّخَذُوا مِنْ دُونِهِ أَوْلِيَاءَ مَا نَعْبُدُهُمْ إِلَّا لِيُقَرِّبُونَا إِلَى اللَّهِ زُلْفَىٰ إِنَّ اللَّهَ يَحْكُمُ بَيْنَهُمْ فِي مَا هُمْ فِيهِ يَخْتَلِفُونَ ۗ إِنَّ اللَّهَ لَا يَهْدِي مَنْ هُوَ كَاذِبٌ كَفَّارٌ

Ingatlah, hanya milik Allah-lah agama yang murni. Dan orang-orang yang mengambil wali selain Dia berkata, “Kami tidak mengabdi kepada mereka melainkan (berharap) agar mereka mendekatkan kami kepada Allah dengan sedekat-dekatnya.” Sungguh, Allah akan memberi putusan di antara mereka tentang apa yang mereka perselisihkan. Sungguh, Allah tidak memberi petunjuk kepada pendusta dan orang yang sangat ingkar.

Kelompok firqah pada umumnya membentuk yayasan berbadan hukum. Tujuannya agar mereka mendapat ‘kekuatan’ untuk mendapatkan dana misalnya. Atau supaya proyek mereka lancar tanpa gangguan. Inilah yang dimaksud ayat: “mereka mendekatkan kami kepada Allah se dekat dekatnya.”
Mau bangun masjid, madrasah dibantu; mau tablig akbar lancar; mau ini itu aman.

Itulah ciri ciri/kriteria bahwa ia dan kelompoknya termasuk firqah

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s