Jalan Allah · Tahukah Kamu?

Arti dan Makna Al Quran Sebenarnya

image

Para islamolog mendefinisikan Al Quran sbb.:

Dr. Subhi Al Salih: Kalam Allah yang merupakan mukjizat yang diturunkan kepada Nabi Muhammad  dan ditulis di mushaf serta
diriwayatkan dengan mutawatir, membacanya termasuk ibadah.”

Adapun menurut Muhammad Ali ash-Shabuni: “Al-Qur’an adalah firman Allah yang tiada tandingannya, diturunkan kepada Nabi Muhammad  penutup para nabi dan rasul, dengan perantaraan Malaikat Jibril dan ditulis pada mushaf-mushaf yang kemudian disampaikan kepada kita secara mutawatir, serta membaca dan mempelajarinya merupakan ibadah, yang dimulai dengan surat Al-Fatihah dan ditutup dengan surat An-Nas.”

Dengan definisi tersebut di atas sebagaimana dipercayai Muslim, firman Allah yang diturunkan kepada Nabi selain Nabi Muhammad , tidak dinamakan Al-Qur’an seperti Kitab Taurat yang diturunkan kepada umat Nabi Musa atau Kitab Injil yang diturunkan kepada umat Nabi Isa. Demikian pula firman Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad; yang membacanya tidak dianggap sebagai ibadah,
seperti Hadits Qudsi
, tidak termasuk Al-Qur’an.

(Dikutip dari Wikipedia).

Dalam postingan kali ini saya akan menanggapi kata-kata yang digaris bawahi pada pendapat para ahli (kitab) di atas.

Menurut pendapat mereka, Al Quran ya firman Allah yang ditulis dalam lembaran lembaran ( shuhuf atau mushaf).
Membaca peneapat ini saya jadi teringat dengan kejadian setelah serangan alqaeda terhadap WTC. Waktu itu para tokoh salibis memprofokasi ummat kristiani untuk mengumpulkan dan membakar Al Quran, kitab suci ummat Islam.

Pertanyaannya: Apa iya mereka bisa membakar Al Quran?
Kalau membakar mushaf Al Quran tidak diragukan lagi mereka pasti bisa. Tetapi Al Quran?

Pengertian Al Quran

image

Satu hal yang tidak mereka ungkap atau mereka sembunyikan dalam membahas masalah ini adalah bahwa Al Quran itu ruh. Ini berarti Al Quran bukan benda fisik.

Asy-Syuura:52

وَكَذَٰلِكَ أَوْحَيْنَا إِلَيْكَ رُوحًا مِنْ أَمْرِنَا ۚ مَا كُنْتَ تَدْرِي مَا الْكِتَابُ وَلَا الْإِيمَانُ وَلَٰكِنْ جَعَلْنَاهُ نُورًا نَهْدِي بِهِ مَنْ نَشَاءُ مِنْ عِبَادِنَا ۚ وَإِنَّكَ لَتَهْدِي إِلَىٰ صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ

Dan demikianlah Kami wahyukan kepadamu ruh (Al-Qur’an) dengan perintah Kami. Sebelumnya engkau tidaklah mengetahui apakah Kitab dan apakah iman itu, tetapi Kami menjadikannya sebagai cahaya, dengan itu Kami memberi petunjuk siapa yang kami kehendaki di antara hamba-hamba Kami. Dan sungguh, engkau benar-benar membimbing (manusia) kepada jalan yang lurus,

Di ayat tersebut Allah menjelaskan bahwa apa yang disampaikan-Nya kepada Nabi Muhammad SAW adalah ruh (Inggris: spirit, soul), bukan sebuah mushaf ataupun selembar surat yang berisi ketetapan-ketetapan (Arab: kitab).

Oleh karena Al Quran itu ruh, tentu saja Al Quran tidak bisa di lihat dan dipegang secara fisik.

Kembali ke soal membakar kitab suci Al Quran. Kalaupun mereka jadi mengumpulkan dan membakar kitab Al Quran, maka yang mereka bakar sebenarnya adalah mushaf Al Quran, bukan Al Quran. karena sebenarnya Al Quran itu sendiri immateri yang tidak bisa dibakar!

Biar lebih jelas saya berikan contoh lainnya.
image

Pada gambar di atas nampak tangan seseorang yang mengangkat sebuah kitab suci Al Quran.
Orang jahil akan mengatakan bahwa orang itu mengangkat Al Quran. Tidak demikian. Pada saat itu yang dia angkat adalah sebuah mushaf Al Quran, sedangkan Al Quran yang sebenarnya dia lempar dan injak-injak pada saat yang sama

Si mpunya tangan yang mengangkat Mushaf Al Quran itu mewakili jutaan ummat Islam. Mereka lebih menghormati Al Quran dalam bentuk symbol-symbol. Sedangkan jiwa (ruh, spirit) yang terkandung dalam Al Quran tidak mereka pedulikan bahkan mereka rendahkan.

Mengapa begitu? Itu karena dalam kehidupan nyata, mereka tidak hidup menurut Al Quran yang tidak lain merupakan aturan atau hukum Allah. Hukum manusia mereka tegakkan sedangkan hukum Allah mereka tinggalkan.

Al Quran ada di dalam dada ulama!

Seandainya semua kitab suci (maksud saya: mushaf) Al Quran yang ada (tanpa menyisakan satu eksemplarpun) dibakar, apa itu berarti Al Quran sudah tidak eksis?

Mushaf Al Quran bisa jadi rusak, sobek, punah, atau apapun. Tetapi Al Quran tetap ada

Al-‘Ankabuut:49

بَلْ هُوَ آيَاتٌ بَيِّنَاتٌ فِي صُدُورِ الَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ ۚ وَمَا يَجْحَدُ بِآيَاتِنَا إِلَّا الظَّالِمُونَ

Sebenarnya, (Al-Qur’an) itu adalah ayat-ayat yang jelas dalam dada orang-orang yang berilmu. Hanya orang-orang yang zalim yang mengingkari ayat-ayat Kami.

Inilah ayat yang menggugurkan argumen Islamolog di atas. Al Quran bukanlah cuma tulisan dalam kertas.
Al Quran adalah:
• Firman Allah √
• Hukum Allah √
• Kebenaran √
• Ruh √
• Petunjuk Jalan Lurus √
Yang itu semua dapat masuk ke kalbu dalam dada orang yang berilmu (ulama).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s