Jalan Allah

Tiada Kehidupan Tanpa Jihad Dan Tiada Jihad Tanpa Hijrah

image

Allah (‘Azza wa Jalla) berfirman:

Hai orang-orang yang beriman, penuhilah seruan Allah dan seruan Rasul apabila Rasul menyeru kamu kepada suatu yang memberi kehidupan kepada kamu.” [AlAnfāl: 24]

‘Urwah Ibn az Zubayr (rahimahullāh) berkata, “Suatu yang memberi kehidupan kepada kamu adalah perang; yang mana Allah memuliakan kalian setelah kehinaan; menguatkan kalian setelah kelemahan dan membela kalian dari musuh kalian setelah penindasan mereka terhadap kalian.” (Ibn Katsir).

Jihad tidak hanya memberikan kehidupan bagi skala besar dari Ummat, tetapi itu juga memberikan kehidupan secara penuh pada skala individu manusia.

IbnulQayyim rahimahullāh berkata, “Jika tidak ada yang didapatkan dari Memanah kecuali itu menolak kegelisahan dan kesedihan dari hati, maka itu sudah cukup menjadi suatu keutamaan. Apalagi, para Pemanah telah merasakan ini.

At Tabarani juga meriwayatkan hadis dari Hisham Ibn Urwah dari ayahnya, dari Aisah bahwa Rasulullah shallAllāhu ‘alayhi wa sallam bersabda:
Jika suatu ketika kegelisahan membelenggu diri seseorang, dia hanya perlu memakai busur panahnya lalu melesatkannya anak panahnya yang dengan demikian akan dapat mengusir kegelisahannya.” [salah satu susunan isnadnya terdapat perawi yang sangat lemah yang bernama Muhammad az-Zubaydi, sebagaimana yang disebutkan dalam Majma’ Az Zawā’id].

Perkataan ini mirip dengan perkataan Rasulullah shallAllāhu ‘alayhi wa sallam
Lakukanlah Jihad fi sabilillah, karena itu adalah salah satu gerbang diantara gerbang-gerbang Jannah, dimana Allah mengusir kegelisahan dan kesedihan dari jiwa. [sahih Riwayat Imam Ahmad dan Aljiwa” Hakim dari Ubadah Ibn As Samit].

Ini juga berasal dari firman Allah ta’ala:
Perangilah mereka, niscaya Allah akan menghancurkan mereka dengan tangan (perantaraan) tanganmu dan Allah akan menghinakan mereka dan menolong kamu terhadap mereka, serta melegakan hati orang-orang yang beriman dan menghilangkan panas hati orang-orang mu’min. Dan Allah menerima taubat orang yang dikehendakiNya. Allah maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.” [At Tawbah: 1415]

Kehidupan Jihad ini tidak mungkin (kalian dapatkan) sampai kalian berkemas dan hijrah menuju (bumi) Khilafah.

Posted from WordPress for Android by Millah Ibrahim

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s